Persiapan untuk jalan jalan ke Eropa

Selain uang yang jelas jelas harus dipersiapkan untuk perjalanan Eropa ada satu hal agak susah untuk WNI yang juga harus dipersiapkan. Schengen Visa adalah visa yang dapat digunakan di sebagian besar Eropa barat dan sekarang banyak Negara Eropa timur ikut bergabung menjadi gabungan Negara Eropa Europe union. Dengan Visa ini kita dapat masuk ke beberapa Negara yang masuk dalam Euro Union kecuali Inggris raya

Kenapa visa ini agak rumit untuk WNI karena sebagaimana halnya visa ke Amerika serikat mereka tidak bisa menerima perwakilan untuk wawancara di kedutaan atau konsulat maka si pemohon harus datang secara pribadi untuk wawancara dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan.

Apa saja dokumen yang di perlukan ;

1. Pertama tentunya passport sangat disarankan masih berlaku selama 1 tahun.

2. Konfirmasi keberangkatan berupa tiket pesawat pulang pergi yang statusnya confirmed bisa berupa eticket baik dari online travel agent ataupun dari airlines langsung, asuransi perjalanan yang meliputi keseluruhan waktu perjalanan kemudian konfirmasi hotel, untuk yang satu ini konfirmasinya harus dari pihak hotel langsung bukan dari online travel agent, pihak keduataan akan meminta sebuah surat konfirmasi dengan kop surat dengan alamat dan kontak hotel, yang menyatakan bahwa si pemohon beserta nomer passport benar adanya telah memesan kamar untk periode tertentu terbayar lunas kemudian surat tersebut di print dilampirkan  beserta dokumen lainnya.

3. Bank statement  rekening Koran yang aktif minimal selama 3 bulan terakhir dan harus memiliki saldo yang cukup untuk membiayai perjalanan jika tidak harus dilampirkan sebuah surat pernyataan yang dapat menjelaskan secara logis kenapa tidak cukup saldo, mungkin dapat dijelaskan saldo yang tidak cukup dikarenakan sebagian dana sudah dibayarkan untuk tiket dan hotel dalam hal ini harus dilengkapi slip gaji juga tiga bulan terakhir yang bertujuan untuk menunjukan bahwa akan ada dana yang cukup pada saat keberangkatan sebagai uang saku.

4. Surat keterangan kerja dari perusahaan atau ijin usaha bagi wiraswasta.

Berapa lamakah untuk Schengen Visa ?

Relatif bergantung kebijakan masing masing kedutaan dan konsulat Negara yang kita mohon untuk memberikan Schengen Visa. Sangat disarankan untuk memohon dua bulan lebih sebelum keberangkatan untuk menghindari masalah jika ada penolakan disebabkan oleh kekurangan dokumen atau hal hal lain agar tidak sampai tergesa gesa atau lebih buruk lagi pembatalan.

Kedutaan atau konsulat Negara mana yang harus kita mohon untuk Schengen Visa ? Jika kita mengunjungi lebih dari satu negara.

Kita harus memohon kepada Negara yang akan kita kunjungi paling lama.

Bagaimana jika berpergian dengan keluarga ?

Kita harus mempersiapkan semua dokumen seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya  hanya saja yang paling penting harus diperhatikan adalah pertama pada konfirmasi hotel harus disebut semua nama tamu yang akan menginap dan jumlah saldo harus benar benar cukup untuk menaggung biaya perjalanan bagi semua anggota keluarga.

Rumit ? Gak lah, kalo kita ingat bagaimana keindahan benua Eropa akan hilang semua perasaan lelah yang kita rasakan. Tunggu apalagi ??? Siapakan dokumen dan ayo jalan jalan ke Eropa.

Share via :
Only member can wowing to this article. Register now here