Apa sih istemewanya Istanbul


Wah pertanyaan itu bikin aku sensi hehehe, bukannya apa secara logika Istanbul itu super wow istemewa tempatnya, bukan karena aku lagi lebay tapi beneran. Mau tahu kenapa ? Oke aku mau berbagi sedikit cerita sejarah dan pengalaman jalan jalan singkatku di Istanbul.

Istanbul yang dulu terkenal sebagai Kostantinopel ini sudah sejak lama sebagai pusat pemerintahan Romawi timur atau Bizantium sampai dengan Ottoman kemudian menjadi pusat komersial, budaya dan sejarah di Negara Turki sekarang. Kota yang terletak di dua benua Asia dan Eropa terpisah oleh selat Bosphorus yang juga memisahkan laut hitam dan marmara.

Menjadi salah satu kota terpadat dunia dengan jumlah populasi kurang lebih 14 juta jiwa dan sepertiga penduduknya terletak di Istanbul bagian asia kemudian dinamakan sebagai pusat kebudayaan Eropa menjadikan Istanbul kota yang banyak dikunjungi wisatawan dunia.

Nah sekarang berdasarkan pengalaman pribadi, kesan pertama yang wow tentang Istanbul itu cewek Istanbul hahahaha, beneran memang hampir aku gak temuin cewek biasa yang ada cuman cantik dan sangat cantik selain itu datang di bulan November memang ideal karena cuaca sejuk yah meskipun itu dingiiiin buat orang Indonesia tapi masih terkendali kisaran suhu udara sekitar 11 – 13 derajat bisa diatasi dengan sweater atau jaket tebal kemudian jalan jalan di Sultan Ahmad Square menikmati kawasan ini wow pas banget untuk menikmati kesejukan udara Turki.

Area ini memang salah satu kawasan terkenal bagi wisatawan dimana banyak obyek yang bisa kita kunjungin mulai dari Hagai Sophia, awalnya bangunan ini adalah gereja dibangun abad ke 5 oleh kekaisaran Bizantium kemudian setelah dikuasain oleh Ottoman bangunan ini diubah fungsi menjadi masjid tanpa menghilangkan ornament gereja, keindahan arsitektur ini masih terlihat jelas kemegahan peninggalan seni arsitektur bangsa Romawi. Sejak Turki menjadi republik dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha bangunan ini resmi menjadi museum hingga kini sangat direkomendasikan bagi pecinta sejarah.

Masjid sultan Ahmad atau lebih popular dikenal dengan Blue Mosque masjid biru karena keindahan interior dengan dominan keramik biru dibangun oleh sultan ahmad I merupakan masjid kesultanan pertama yang dibangun oleh Ottoman di Istanbul dan dibangun di tanah bekas istana kaisar Bizantium. Jujur menurut aku pribadi memang sepertinya Sultan sultan dijaman Ottoman ini mengadopsi seni arsitektur kekaisaran Bizantium kenapa aku menyimpulkan seperti itu karena masjid biru dan beberapa masjid lain yang aku temukan di Istanbul bentuknya hampir menyerupai Hagha Shopia. Secara objektif aku menilai bangsa Roma memang meninggalkan seni arsitektur berkelas dunia bisa jadi atas dasar inilah mungkin para Sultan mengadopsi arsitektur mereka.

Monument seperti monas tapi kecil di daerah Sultan ahmed Square ini dikenal juga Hippodrome of Constantinople kemudian ada serpentine column yang merupakan tonggak batu dari perunggu yang merupakan simbol kemenangan bangsa Yunani melawan Persia di tahun 479 Sebelum Masehi di jalan menuju museum Hagai shopia dan Sultan Ahmad square  kemudian ada air mancur Jerman yang merupakan simbol persahabatan Antara kesultanan Turki dengan kaisar Jerman.

Dan masih banyak lagi deh keistimewaan Istanbul yang mungkin harus aku sambung ceritanya. 


Share via :
Only member can wowing to this article. Register now here