Jangan Lupakan Rotterdam Jika Berkunjung ke Makassar


Makassar salah satu kota besar di Indonesia ini menyimpan banyak potensi wisata, jika mau jalan-jalan sampai pelosoknya kita akan mengenal Taman Nasional Bantimurung dimana banyak banget spesies kupu-kupu disana, Taman Nasional Bantimurung selalu menjadi incaran banyak wisatawan, kalau mau wisata budaya kamu bisa jalan-jalan sampai ke Tana Toraja kalian bisa mengenal kebudayaan orang-orang Toraja, berikut mengenal raja-raja yang dikubur tak berkalang tanah, nggak ketinggalan ada banyak wisata sejarah yang jangan sampai terlewat jika datang ke Makassar, yaitu mengunjungi Benteng Rotterdam, sebuah benteng peninggalan kerajaan Gowa.


Lokasi di tengah kota

Waktu saya datang ke Makassar, saya pikir benteng Rotterdam itu letaknya terpelosok, susah diakses kendaraan, eh ternyata letaknya malah di tengah kota, sebelah barat kota Makassar. Kalau bingung ada di mana, cukup turun di pantai Losari lalu menyebrang, soalnya benteng Rotterdam itu bersebrangan dengan pantai Losari, tau kan icon kota Makassar yang fenomenal itu, yang ada tulisan segede gaban PANTAI LOSARI :D/

Kalau biasanya benteng-benteng di Indonesia buatan tentara sekutu, benteng fort Rotterdam atau yang dikenal dengan benteng Ujung Pandang ini dibangun oleh Raja Gowa X pada tahun 1545 yaitu Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau yang dikenal dengan Karaeng Tunipalanga Ulaweng, sempat pula dikuasai Belanda dan dijadikan sebagai markas militer yang dinamakan Fort Rotterdam lewat perjanjian Bungayya yang salah satu pasalnya mewajibkan kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda, benteng Ujung pandang pun beralih nama menjadi Fort Rotterdam. Setelah diambil alih oleh Belanda, benteng ini kemudian digunakan untuk menampung rempah-rempah dari Indonesia Timur, tepatnya dari kepulauan Banda.

Bergaya arsitektur Portugis benteng ini masih terlihat sangat kokoh, bahkan tidak terlihat seperti benteng, ya wajar saja, tempat wisata yang satu ini digunakan oleh pemerintah setempat sebagai Pusat Kebudayaan Makassar, dan juga difungsikan sebagai perkantoran. Tapi jangan khawatir, walaupun digunakan sebagai kantor, kita tetap boleh masuk dan berfoto di sini kok. Jika dilihat menggunakan drone, benteng Fort Rotterdam ini berbentuk seperti penyu yang menuju ke laut, karena persis di depan benteng ini adalah pantai. Dibentuk seperti penyu karena mengikuti filosofi kerajaan Gowa, bahwa penyu itu dapat hidup di darat atau di laut, nah seperti yang kita tahu, kerajaan Gowa itu sangat Berjaya di daratan maupun lautan.


Jangan lupa ke Museum La Galigo

Di dalam benteng Fort Rotterdam terdapat sebuah Museum bernama La Galigo, unik ya namanya, La Galigo diambil dari seorang budayawan terkenal di kota Makassar, yang mempunyai tulisan terkenal di seluruh dunia. Awal berdiri museum ini karena kerajaan Gowa ingin memperbaiki bangunan tapi tidak memiliki tempat untuk menyimpan benda-benda pusaka kerajaan, akhirnya pihak Belanda menawarkan benteng ini sebagai tempat penyimpanan benda-benda tersebut. Nah setelah rapi terkumpul, tempat ini kemudian resmi menjadi Museum Celebes di tahun 1938. Tapi sayangnya Museum ini terbengkalai beberapa tahun, beruntung di tanggal 1 Mei 1970 Pemerintah Indonesia mengambil alih dan merenovasi, kemudian pemerintah Indonesia mulai meresmikan museum ini, dan kita bisa melihat isinya sekarang.

Di Museum La Galigo, kita bisa melihat banyak benda bersejarah dari jaman Paleolitik, Megalitik, sampai Neolitik. Sama seperti museum sejarah pada umumnya pasti ada ilustrasi-ilustrasi berupa diorama semacam ini. Ada pula sejarah dari jaman perundagian, kebudayaan Islam serta sejarah zaman penjajahan Belanda. Yang jelas rugi kalau nggak mampir kemari gengs..


Pusat kuliner

Lapar, tak masalah. Di seputar benteng terdapat kuliner khas Makassar yang ramai di jajakan, mulai dari makanan ringan seperti bakso, nasi warteg hingga makanan khas Makassar seperti mie titi, coto hingga konro, dan jangan lupa menyantap konro bakar Karebosi yang terkenal itu ya letaknya persis ada di belakang benteng ini. Siap-siap ke Makassar dooong ^^

Share via :
Only member can wowing to this article. Register now here