Vietnam, peninggalan perang yang saat ini menjadi daya tarik wisata

Cerita mengenai peperangan selalu menarik dalam setiap film yang di buat. Hampir sebagian besar negara mempunyai kisah kelam tentang perang. Baik perang dengan negara lain maupun perang saudara sebangsa. Salah satu perang yang sangat terkenal adalah perang Amerika dengan Vietnam dimana perang ini telah di buat versi holywoodnya yang juga sangat terkenal. Siapa sih yang belum pernah lihat film Rambo ? Sedemikian  suksesnya film ini, hingga telah di buat menjadi beberapa sekuel.

Tapi apakah dalam kenyataannya peperangan itu seperti film yang di buat? Kenyataannya tidaklah happy ending seperti yang di ceritakan di film-film, banyak kisah tragis yang efeknya hingga sekarang masih dirasakan oleh warga Vietnam.

Kalau kita berkunjung ke negeri Uncle Ho ini, banyak sekali peninggalan perang yang tersimpan hingga sekarang dan dijadikan sebagai destinasi wisata para turis. Salah satu yang sangat terkenal adalah Hoa Lo Prison yang ada di Hanoi. Ini adalah penjara politik jaman perang Amerika Vietnam.

Didalam penjara ini terdapat diorama yang menggambarkan betapa kejamnya Amerika terhadap tahanan politik Vietnam. Kamar-kamar yang gelap dan sempit diisi banyak orang, ada yang di pasung, ada yang di rantai dan di borgol. Terdapat juga banyak alat-alat penyiksaan hingga alat untuk membunuh para tahanan tersebut.

Para penduduk lokal jaman dulu menyebut tempat ini dengan nama Hanoi Hilton sebagai sindiran atau hinaan terhadap Amerika.


Sedangkan di kota Ho Chi Minh turis dapat berkunjung ke jalan tikus bawah tanah peninggalan tentara Vietnam jaman dulu. Konon jalan tikus ini panjangnya hingga berkilo-kilo meter sehingga Amerika sulit menemukan tempat persembunyian tentara Vietnam ini. Kalau kamu mempunyai tubuh yang besar jangan coba-coba memasuki lorong bawah tanah ini, nanti ngga bisa keluar hehehe.

Menarik? Atau menakutkan? Kalau menurut saya sih menarik banget banget

Didepan Hoa Lo Prison alias Hanoi Hilton

Share via :
Only member can wowing to this article. Register now here